Sekilas Tentang Kami, Paguyuban Karya Salemba Empat UGM

Selamat datang di Keluarga Besar Paguyuban KSE UGM, kebanggaan Indonesia!

Paguyuban Karya Salemba Empat UGM (KSE UGM) atau yang sering juga disebut sebagai Guyub Rukun Paguyuban KSE UGM, terbentuk pada 5 Maret 2008 oleh lima orang mahasiswa penerima beasiswa Yayasan KSE di Kampus UGM. Tekad kuat untuk menjalin kekeluargaan antar penerima beasiswa Yayasan KSE di Kampus UGM, terus membara dalam hati penerima dari generasi ke generasi. Tekad ini jugalah yang menjadikan Paguyuban KSE UGM berusaha untuk terus berbenah diri, baik secara internal maupun secara eksternal demi kebermanfaatan penerima sendiri maupun masyarat.

Penerima beasiswa Paguyuban KSE di Kampus UGM terus mengalami kenaikan jumlah dari tahun ke tahun. Tercatat sebanyak lebih kurang 200 mahasiswa Kampus UGM menjadi penerima beasiswa Yayasan KSE pada periode  2016/2017. Dengan semakin meningkatnya penerima beasiswa KSE di Kampus UGM, semakin meningkat pula tantangan untuk bisa terus menjaga semangat kekeluargaan seperti yang selalu didambakan oleh para pendiri. Seluruh penerima beasiswa Yayasan KSE di Kampus UGM merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan oleh fakultas, ras, suku, agama, ataupun warna kulit. Masing-masing penerima besiswa Yayasan KSE di Kampus UGM memiliki tanggung jawab langsung kepada ayahnda dan ibunda donatur untuk berkontribusi aktif dalam berbagai kegiatan di Paguyuban KSE UGM juga di Yayasan KSE. Terdapat banyak program serta kegiatan yang bisa dipilih oleh penerima di Paguyuban KSE UGM maupun di Yayasan KSE untuk bisa terus berkontribusi aktif, sesuai dengan passion dan minat dari penerima sendiri.

Paguyuban Karya Salemba Empat Universitas Gadjah Mada merupakan wadah bagi seluruh mahasiswa penerima beasiswa Yayasan Karya Salemba Empat di Universitas Gadjah Mada untuk terus mengumandangkan dan melaksanakan jargon Yayasan KSE yaitu sharing, networking, and developing. Tak hanya dengan sesama penerima, semangat dalam jargon tersebut diharapkan juga bisa dilaksanakan secara nyata dalam masyarakat, bangsa, dan negara. Semangat untuk bisa terus bermanfaat bagi sesama adalah apa yang diharapkan dari para pendiri Yayasan KSE maupun KSE UGM.

Tak hanya di Kampus UGM, terdapat setidaknya 28 universitas lain yang bekerja sama dengan YayasanKSE, tersebar dari Sabang sampai Merauke. Masing-masing universitas tersebut juga memiliki paguyuban-paguyuban penerima beasiswa Yayasan KSE layaknya KSE UGM. Paguyuban-paguyuban penerima beasiswa Yayasan KSE seluruh kampus di Indonesia, tergabung dalam satu komunitas yang dikenal dengan KSE Nusantara.

Salah satu bentuk kekeluargaan yang erat dalam KSE Nusantara, maka di lakukan pertemuan rutin tahunan yang dikenal dengan nama National KSE Community Summit (NKCS). Perhelatan ini dilaksanakan secara bergilir di masing-masing paguyuban sebagai tuan rumahnya, sekurang-kurangnya tiga hari berturut-turut. Pada bulan Mei 2016, Paguyuban KSE UGM berkesempatan menjadi tuan rumah bagi perhelatan akbar ini. Tak hanya bertemu melepas rindu, pertemuan rutin tahunan ini juga menjadi ajang penggemblengan diri bagi masing-masing paguyuban.

Salam suKSEs!